SHARE
Cara Seting Mikrotik

Liputanaktual.com – Cara Seting Mikrotik Dengan Mudah. Sebelum memulai ulasan sebaiknya anda perlu tau apakah itu Mikrotik ? Mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak baik hardware maupun sofware yang digunakan sebagai sistem management bandwith atau ruter dengan berbagai fitur yang cukup lengkap, Sehingga dengan penggunaan Mikrotik ini sangat cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Cara Seting Mikrotik Dengan Mudah. Sedangkan Untuk instalasi Mikrotik tidak dibutuhkan piranti lunak tambahan atau komponen tambahan lain. Mikrotik didesain untuk mudah digunakan dan sangat baik digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer skala kecil hingga yang kompleks sekalipun.

Beberapa fungsi mikrotik yang cukup komplit menjadikan perangkat ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan yang menggunakan koneksi internet atau jasa pelayanan internet, Karena dengan menggunakan sistem mikrotik ini para teknisi jaringan akan dipermudah dalam sistem pembagian bandwith dan sebagainya. Berikut beberapa fungsi fitur-fitur yang ada dalam mikrotik.

Fungsi Mikrotik
  1. Pengaturan koneksi internet dapat dilakukan secara terpusat dan memudahkan untuk pengelolaannya.
  2. Konfigurasi LAN dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan PC Mikrotik Router OS dengan hardware requirements yang sangat rendah.
  3. Blocking situs-situs terlarang dengan menggunakan proxy di mikrotik.
  4. Pembuatan PPPoE Server.
  5. Billing Hotspot.
  6. Memisahkan bandwith traffic internasional dan local, dan lainnya.

Lantas bagaimana Cara Seting Mikrotik Dengan Mudah ? berikut langkah-langkahnya

  1. Langkah pertama download terlebih dahulu Winbox yang dapat anda download di situs mikrotik indonesia.
  2. Langkah kedua nyalakan mikrotik atau ruterboad anda.
  3. selanjutnya sambungkan kebel lan rj 45 di colokan ke port 2 yang ada di mikrotik dan dihubungkan ke lan pada komputer atau laptop anda.
  4. setelah itu isi secara manual ip pada komputer anda dengan angka 192.168.88.2 subnet 255.255.255.0
  5. setelah selesai lakukan scand neighbors seperti gambar dibawah ini.
  6. Setelah dilakukan scand akan muncul mac address beserta ip default 192.168.88.1 click pada ip tersebut dan tekan connect.
  7. Jika anda sudah masuk maka anda akan melihat tampilan seperti ini.
  8. Jika sudah pada tahap ini, Hubungkan kabel lan dari sumber internet ke port 1, Sebagai contoh menggunakan koneksi dari Indihome yang pada umumnya menggunakan ip (192.168.1.1) maka dengan itu kita masuk ke menu ip – address dan isi seperti contoh gambar dibawah ini.
  9. Masih di bagian address, Selanjutnya kita buat ip untuk komputer kita lihat pada gambar. ( perhatikan pada bagian Interfaces harus berada di ether 2 yang terhubung ke komputer, Sedangkan dari sumber internet harus di set ke ether 1.
  10. Setelah itu masuk ke bagian ip – routes. Lihat contoh gambar. Penjelasanya adalah. Pada bagian gateway kita isi ip yang kita dapat dari sumber internet, Seperti contoh tadi kita menggunakan koneksi dari telkom dengan ip gatway standarnya 192.168.1.1
  11. kemudian masuk pada bagian ip-firewall.
  12. Langkah terakhir mengisi DNS, Masuk ke bagian ip-DNS dan isikan sesuai gatway yang diperoleh dari telkom ( 192.168.1.1) atau dns dari google (8.8.8.8).
  13. Setelah selesai lakukan pengetesan dengan cara buka new terminal pada winbox dan ketik ping google.com seperti gambar di bawah, Penjelasanya jika sudah replay seperti gambar berarti setingan sudah betul, tetapi jika muncul request time out, maka ada kesalahan dalam setingan atau sumber koneksi yang salah.

Itulah ulasan singkat Cara Seting Mikrotik Dengan Mudah untuk pemula dengan mudah, Dengan cara tersebut baru sebatas menghubungkan koneksi yang melintasi ruterboard mikrotik, Sedangkan untuk limit bandwith atau seting mikrotik lainya akan kita bahas selanjutnya. Sekian dan terima kasih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY